Senin, 08 Desember 2008

SMILE

Arti Senyum :

Sekali senyum, curiga hilang.
Dua kali senyum, jadi sahabat.
Tiga kali senyum, hati penuh damai.
Empat kali senyum, rejeki datang.
lima kali senyum kering bo.......




ARTI SENYUM MONALISA


Mimik muka lukisan Monalisa yang selama ini dipertanyakan akhirnya mendapat kejelasan. Komputer mampu menguraikan arti senyuman yang membingungkan dalam karya Leonardo da Vinci tersebut.

Universitas Amsterdam melakukan penelitian khusus pada lukisan dengan menggunakan analisa komputer melalui software "pengenalan emosi". Dan hasilnya, dapat disimpulkan bahwa wanita itu 83% memang tengah tersenyum bahagia, 9% sedang merasa muak, 6% sedang takut dan 2% sedang marah.

Komputer ini menganalisa dan mengeluarkan hasil dari bentul bibir dan kerutan didaerah matanya.

Program yang dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Illinois, mengambil data umum dari setiap ekspresi dan wajah wanita muda untuk lemudian menentukan rata-rata ekspresi “netral”. Ekspresi netral inilah yang menjadi standar perbandingan terhadap ekspresi lainnya.

Nantinya, kecanggihan cara kerja software yang bisa mengenali emosi hanya dengan melihat foto ini akan berkembang dengan kemampuan PC untuk menyesuaikan responnya terhadap mood pemakai komputer itu sendiri.

Penelitian ini dilakukan setelah lebih dari 5 abad pecinta seni terus bertanya-tanya tentang kemisteriusan ekspresi Monalisa di lukisan paling terkenal tersebut. Lukisan itu pertama kali dipamerkan di muka umum di Louvre Paris dan dilukis sekitar tahun 1503-1506. Nama lukisan ini diambil dari istri Francesco del Giocondo.






Tidak ada komentar: